Bupati Anas, Anies, dan Ferry Mursyidan Diusulkan Jadi Menpora

145114_menporapolling.pngJakarta – Tim Seleksi Menteri detikcom mengusulkan 3 nama untuk menjadi calon Menteri Pemuda dan Olahraga di kabinet Jokowi-JK, yaitu Abdullah Azwar Anas, Anies Baswedan, dan Ferry Mursyidan Baldan. Para pembaca dapat berkontribusi dengan memilih calon terfavorit.

Hingga Selasa (23/9/2014) pukul 14.20 WIB, calon Menpora yang memperoleh dukungan terbanyak adalah Anies Baswedan (44%). Posisinya diikuti oleh Ferry Mursyidan Baldan yang mendapat 42% dukungan serta Abdullah Azwar Anas dengan 15% dukungan.

Mereka adalah 3 dari 72 calon menteri hasil seleksi alot oleh Tim Pakar yang terdiri dari Chandra M Hamzah (mantan Wakil Ketua KPK, praktisi hukum), Aqua Dwipayana (pakar komunikasi, pengamat pertahanan dan keamanan), Refly Harun (pakar hukum tata negara), Onno W Purbo (pakar TI), dan Fauzi Ikhsan (pakar ekonomi) serta Kelompok Kerja redaksi detikcom. Masukan pembaca juga menjadi bahan pertimbangan.

Abdullah Azwar Anas adalah Bupati Banyuwangi yang berusia 41 tahun. Menjabat sejak 2010, Anas mengembangkan potensi wisata kota di ujung pulau Jawa itu sehingga menjadi alternatif bagi turis yang biasanya memilih datang ke Bali. Ia mendapat penghargaan sebagai bupati berprestasi dan berkinerja sangat tinggi dari Kemendagri tahun 2014. Program-programnya di Banyuwangi antara lain Bayi Lahir Pulang Bawa Akta, Sedekah Oksigen, hingga Banyuwangi Batik Festival (BBF) yang baru saja dilangsungkan.

Kandidat berikutnya adalah Anies Baswedan yang menjabat sebagai Rektor non-aktif Universitas Paramadina. Kini, pria berusia 45 tahun tersebut adalah Deputi Kantor Transisi Jokowi-JK. Perhatian Anies di dunia pendidikan diwujudkan dalam bentuk Gerakan Indonesia Mengajar. Berawal dari menggagas program mengirim anak-anak muda untuk menjadi guru di daerah terpencil, Indonesia Mengajar kini berkembang sehingga ada pula Indonesia Menyala dan Kelas Inspirasi. Selain berkiprah di dunia pendidikan, Anies juga merupakan anggota Tim 8 Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dan Ketua Komite Etik KPK.

Ada pula Ketua Bidang Organisasi dan Keanggotaan DPP Partai Nasional Demokrat, Ferry Mursyidan Baldan. Sebelum bergabung ke NasDem, Ferry adalah politikus Golkar dan juga pernah menjadi anggota DPR hingga 2009 silam. Saat di Golkar, pria berusia 51 tahun ini menjabat sebagai Ketua Departemen Pemuda DPP.

Partisipasi lewat polling dapat dilakukan dengan cara berikut: akses seleksimenteri.com, log in dengan akun detikconnect/Facebook/Twitter/email, lalu pilih calon menteri yang Anda anggap tepat. Pembaca juga dapat bergabung dalam diskusi terbuka Seleksi Menteri detikcom pada Selasa, 30 September 2014 dengan mendaftar di sini.

banner 468x60

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

One Response

  1. binanceApril 18, 2024 at 7:14 amReply

    Thank you for your sharing. I am worried that I lack creative ideas. It is your article that makes me full of hope. Thank you. But, I have a question, can you help me?

Leave a Reply