Surat Untuk Pak Lurah Rowosari, Kedung Sari Menggugat

Surat Untuk Pak Lurah Rowosari, Kedung Sari Menggugat

Kedung Sari, dukuh kecil yang masih dalam kawasan Kelurahan Rowosari, Kecamatan Tembalang, Kota Semarang. Semua warga Kedung Sari adalah warga Kota Semarang, bisa dilihat dari status dalam Kartu Tanda Penduduk (KTP).

Semarang, merupakan kota metropolitan, mempunyai gedung-gedung pencakar langit, gemerlapnya lampu diskotik mudah ditemukan di berbagai sudut kota. Namun, siapa sangka pandangan itu hanya ada di pusat perkotaan.

Orang akan terkejut jika melihat Dukuh Kedung Sari. Jantung akan berdetak kencang ketika melewati jalan yang akan menuju Kedung Sari. Lincinnya jalan akibat lumpur menjadi hiburan bagi para pejalan, gemerlapnya lampu ditengah Kota tidak akan pernah ditemukan, bulu kuduk akan berdiri ketika akan menuju Dusun Kedung Sari, karena akan melewati lorong-lorong yang penuh dengan kegelapan, lebih beradab jika jalan itu disebut sebagai jalan setan daripada jalan manusia, karena tidak ada lampu.

Diskriminasi, adalah kata yang indah, jika merujuk pada kebijakan-kebijakan Pemerintah Kota Semarang. Mengingat, minimnya perhatian pemerintah Kota Semarang terhadap. Melihat keadaan ini, warga Kedung Sari hanya terdiam.

Diamnya warga Kedungsari, bukan karena rasa takut, bukan karena rasa acuh, namun lebih karena masih percaya pada Pemerintah Kota Semarang. Berharap Kota Pemerintah mengerti akan tugas-tugasnya sebagai Pejabat Publik. Termasuk Pak Lurah, Kelurahan Rowosari. Pak Lurah adalah representasi dari Pemerintah Kota Semarang, maka surat ini saya nyatakan sesuai dengan prosedur adminitrasi Pemerintah Kota Semarang

Kedung Sari, Pusat Perlawanan Masyarakat Rowosari

Pak Lurah yang kami hormati, sejarah telah mengatakan, warga Kedung Sari merupakan warga yang trengginas jika melihat kedzaliman. Sejak dulu, sejak kekuasaan Kelurahan Rowosari dikuasai oleh dukuh tetangga (rowosari), banyak dukuh yang masih dalam kawasan Keluarahan Rowosari diam, namun tidak bagi warga Kedung Sari, mereka memberontak.

Namun, sampai saat ini, Warga Kedung Sari masih dianggap sebagai warga yang kurang berpendidikan, hal itu terbukti dengan pos-pos penting yang tidak diberikan kepada masyarakat Kedung Sari. Pos-pos penting itu masih dikuasasi oleh dukuh Sebelah. Padahal banyak warga kedung sari yang mampu memegang posisi tersebut dan lebih baik dalam memegang amanah.

Pak Lurah, bukalah mata hatimu, bahwa banyak pemuda kedung sari yang bersetifikat sarjana, kemampuan organisasinya juga sudah teruju. Ingat pemuda kedung sari adalah pemuda yang aktiv. Aktiv dalam mengorganisir dunia olahraga maupun aktif dalam pergerakan lainnya seperti pengajian dan lain sebagainya.

Seharusnya, orang-orang seperti itu adalah orang-orang diberikan akses untuk menjalankan roda kegiatan di Kelurahan Rowosari. Sudah tidak zamannya lagi Rowosari dikuasai oleh orang-orang tertentu. Ini zaman reformasi bukan zaman orde baru, semua bisa mengakses informasi, hal itu juga di amini oleh Undang-Undang No 14 tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik.

Pak Lurah yang saya hormati, berilah kesempatan kepada warga Kedung Sari untuk memegang pos-pos penting, jangan hanya dipercayakan kepada salah satu orang. Karena yang saya lihat sampai detik ini, hanya orang-orang tertentu yang menguasai informasi. Sebut saja namanya adalah Bambang (bukan nama sebenarnya), nama palsu saya sebutkan karena biar mengalir isi suratnya

Bambang adalah orang yang memonopoli seluruh kegiatan di kelurahan Rowosari. Orang ini baik dalam mengelola manajemen, namun jika terlalu lama menguasai kegiatan, maka akan mudah membuat kesalahan. Seharusnya Pak Lurah berani memotong generasi Bambang dan antek-anteknya, karena pak Lurah adalah pejabat Desa yang mempunyai kewenangan untuk itu.

Memberikan kesempatan kepada warga Kedung Sari adalah kebijakan yang baik. Agar regenerasi tetap jalan. Yang menjadi persoalan adalah, apakah Pak Lurah berani, mem-pensiunkan Bambang dan teman-temannya, jika tidak berani maka warga Kedung Sari akan menggunakan kekuatannya untuk menggulingkan orang-orang seperti, ingatlah warga Kedung sari adalah warga yang selalu menggerakan perlawanan.

Akupun demikian, akan membantu wargaku untuk melakukan perlawanan, walaupun aku hidup di Ibu Kota. Namun, kalau dibutuhkan akan langsung pulang dan berada di barisan terdepan warga kedungsari untuk membawa panji-panji perlawanan.

 

Jakarta 07/05/2015

Muhtar Said, SH.MH

Aktivis Anti Korupsi

Tinggal di Jakarta.

banner 468x60

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

10 Responses

  1. bir binance hesabi acinMarch 21, 2024 at 1:32 amReply

    Thanks for sharing. I read many of your blog posts, cool, your blog is very good.

  2. najlepszy sklepMarch 22, 2024 at 12:35 amReply

    Wow, marvelous weblog layout! How long have you ever been blogging for?

    you make running a blog glance easy. The entire look of your website is excellent, let alone the content material!
    You can see similar here sklep internetowy

  3. sklep onlineMarch 22, 2024 at 6:13 amReply

    Write more, thats all I have to say. Literally, it seems as though you relied on the video to make
    your point. You definitely know what youre talking about, why throw away your intelligence on just posting videos to your
    site when you could be giving us something enlightening to read?
    I saw similar here: Sklep internetowy

  4. ecommerceMarch 24, 2024 at 3:23 pmReply

    Hi! Do you know if they make any plugins to assist with Search Engine Optimization? I’m trying to get my
    blog to rank for some targeted keywords but I’m not seeing very good
    results. If you know of any please share. Kudos! You can read similar blog here:
    Najlepszy sklep

  5. Analytical and Research AgencyMarch 24, 2024 at 7:25 pmReply

    It’s very interesting! If you need help, look here: ARA Agency

  6. Utwórz darmowe kontoMarch 26, 2024 at 8:20 pmReply

    Your point of view caught my eye and was very interesting. Thanks. I have a question for you.

  7. najlepszy sklepMarch 27, 2024 at 10:41 pmReply

    Hey there! Do you know if they make any plugins to help
    with SEO? I’m trying to get my blog to rank for some targeted keywords
    but I’m not seeing very good results. If you know of
    any please share. Thanks! You can read similar blog here:
    Dobry sklep

  8. dobry sklepMarch 28, 2024 at 6:41 amReply

    Howdy! Do you know if they make any plugins to assist with Search Engine Optimization? I’m trying to get my blog to rank for some targeted
    keywords but I’m not seeing very good success. If you know of
    any please share. Appreciate it! You can read similar text
    here: Sklep online

  9. sklep internetowyMarch 28, 2024 at 11:26 amReply

    Howdy! Do you know if they make any plugins to assist with SEO?
    I’m trying to get my blog to rank for some targeted keywords but I’m not seeing very good success.
    If you know of any please share. Thank you!
    You can read similar blog here: E-commerce

Leave a Reply