Mahfud MD Dukung Putusan MK Soal Dinasti Politik

0ce3c6a5-ec53-4a94-aa84-73aedd3adf62_169Jakarta – Mahkamah KOnstitusi (MK) melegalkan dinasti politik lewat putusannya yang diketok siang tadi. Mantan Ketua MK Mahfud MD mendukung putusan tersebut.

Mahfud menilai, putusan MK tersebut sudah tepat, karena memang seharusnya keluarga pejabat itu tidak boleh dilarang untuk menjadi calon kepala daerah. Karena, menurut Mahfud, bisa jadi anggota keluarga pejabat itu memang benar memiliki kapasitas yang unggul.

“Dan belum tentu juga dia didukung oleh kerabat, bisa jadi dia saudara tapi dia ingin mengganti kakaknya karena kakaknya dianggap kurang baik itu bisa juga. Maka tidak boleh ada larangan itu dan MK sudah benar memutus itu,” ujar Mahfud usai buka puasa bersama dengan Wakil Presiden Jusuf Kalla di Istana Wakil Presiden, Jl Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Rabu (8/7/2015).

Mahfud juga menegaskan, di dalam Undang-undang diitegaskan bahwa setiap orang berhak untuk maju sebagai calon kepala daerah. Untuk itu, diperlukan Peraturan Pemerintah (PP) lebih lanjut untuk megawal kebijakan ini.

“Karena dalam UUD itu disebut setiap orang, bukan setiap keluarga, berhak. Sekarang bagaimana caranya, ini kan bukan soal konstitusionalitas tapi moralitas politik. Oleh sebab itu menurut saya pemerintah bisa membuat PP sabagai panduan untuk melaksanakan itu, bahwa apabila petahana atau calon menggunakan kedudukan petahana untuk mengambil keuntungan, di situ bisa dibatalkan pencalonannya dalam, proses apa pun,” jelas Mahfud.

PP itu juga nantinya diharapkan bisa memudahkan MK dalam memutus perkara sengketa pilkada.

“Kalau ada PP seperti itu MK bisa memutuskannya dengan mudah jika ada sengketa. karena sudah ada panduannya. kalau dulu MK memegang panduan meskipun semuanya terbukti dulu, tidak dibatalkan karena MK dulu punya pedoman harus signifikan, lalu pembutkianya nunggu pidana.
Nah sekarang kalau ada PP yang mengatur seperti itu ya lebih gampang penerapannya di MK maupun di pengadilan umum. PP ini presiden yang menyiapkan,” tambahnya.

(sumber : detiknews)

banner 468x60

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

7 Responses

  1. Micah1841February 21, 2024 at 9:13 pmReply

    Eminem, настоящее имя Маршалл Брюс Мэтерс III, известен как один из величайших рэп-исполнителей всех времен. Своими пронзительными текстами, ярким стилем и потрясающим мастерством в ритме и рифме он завоевал миллионы поклонников по всему миру. Его лучшие песни включают “Lose Yourself”, гимн к само-преодолению, “Stan”, с поразительно интенсивным сюжетом, и “Rap God”, где он демонстрирует свою невероятную скорость и технику. Все эти треки, а также многие другие, отражают его гениальность и влияние на музыкальную индустрию. Скачать mp3 музыку 2024 года и слушать онлайн бесплатно.

  2. binance帳戶March 18, 2024 at 10:48 amReply

    Thanks for sharing. I read many of your blog posts, cool, your blog is very good.

  3. binanceApril 13, 2024 at 9:35 amReply

    I don’t think the title of your article matches the content lol. Just kidding, mainly because I had some doubts after reading the article.

  4. sklep internetowyApril 16, 2024 at 12:01 amReply

    Wow, wonderful weblog format! How lengthy have you ever been blogging for?
    you made running a blog look easy. The whole look
    of your site is magnificent, let alone the content! You can see similar here dobry sklep

  5. open binance accountApril 19, 2024 at 4:56 amReply

    Your article helped me a lot, is there any more related content? Thanks!

  6. RegistrētiesApril 19, 2024 at 11:17 pmReply

    Thanks for sharing. I read many of your blog posts, cool, your blog is very good.

Leave a Reply