Menpora Imbau Tak Ada Venue Tambahan, Ahok: Dia Tak Datang Rapat

184939_ahokdepanJakarta – Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) mempertanyakan ucapan Menpora Roy Suryo agar tidak membangun venue baru untuk Asian Games 2018. Roy mengeluarkan imbauan itu melalui Komite Olimpiade Asia (Olimpic Council of Asia /OCA) karena melihat Incheon keteteran menyediakan venue.

Tetapi saat dikonfirmasi, Ahok balik bertanya, kapan OCA menyampaikan hal tersebut? Pasalnya, menurut Ahok, Roy tidak hadir di lokasi saat pihak OCA mengadakan rapat pleno penetapan Indonesia sebagai tuan rumah Asian Games 2018.

“Aku nggak tahu kapan dia ngomongnya. Dia nggak datang waktu rapat pleno assembly. Nggak ada Menpora,” kata Ahok kepada wartawan di Balai Kota, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Senin (22/9/2014).

Saat berkunjung ke negara asal K-Pop itu pada 19-21 September lalu, Ahok menghadiri pembukaan Asian Games di Incheon, Korea Selatan. Bersama Gubernur Sumsel, Alex Noerdin, dia juga ikut menghadiri acara penandatanganan nota kesepahaman Indonesia sebagai tuan rumah.

Tetapi, menurut Ahok, saat itu pihak OCA tidak menyampaikan larangan pembangunan venue baru. “Enggak ada (dilarang komite),” ucapnya.

Ditanya lebih lanjut soal ucapan Roy, Ahok tak mau menanggapinya. “Aduh, nanti deh. Nggak mau komentar. Menteri baru nanti lain lagi komentarnya,” kata orang nomor dua di DKI itu.

Sebelumnya, saat ditemui wartawan di Bandara Soekarno Hatta, Roy menyatakan bahwa OCA sudah mewanti-wanti Indonesia untuk tidak membangun venue yang baru tetapi cukup memanfaatkan arena yang sudah ada. Roy meminta DKI Jakarta yang bakal jadi tuan rumah, berkaca pada Incheon.

“Kejadiannya adalah di mana Korea ketika terpilih, walikota mereka awalnya mendukung. Tapi tiba-tiba saja ada pergantian walikota yang baru dan berujung pada banyak hal yang terbengkalai. Banyak venue yang belum jadi sehingga banyak pertandingan cabang olahraga yang harusnya di venur justru dibangun darurat di padang kosong, seperti tenda PRJ (Pekan Raya Jakarta),” ucapnya.

“Itulah kenapa OCA mewanti-wanti benar kepada Indonesia untuk tidak membangun venue. Sebaliknya memanfaatkan fasilitas yang ada hanya dengan cukup memperbaikinya saja,” imbuh Roy yang pernah berseteru dengan Ahok soal pembangunan stadion BMW di Jakarta Utara.

banner 468x60

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply